TIPS MENGATUR WAKTU UNTUK IBU RUMAH TANGGA

047524200_1450758023-mama

 

Pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan yang tidak ada henti nya.. baru aja jemur baju eh tempat baju kotor udah penuh lagi… baru kelar nyetrika eh jemuran udah pada kering lagi…. baru aja cuci piring eh sudah numpuk aja lagi… baru kelar ngepel ehudah berantakan lagi…

dan semua itu RUTIN setiap hari…. 7 hari seminggu , 30 hari sebulan dan 365 hari setahun tanpa CUTI..

stresss… hal yang dekat sekali dengan ibu rumah tangga… belum lagi bila gaji suami gak cukup untuk sehari2.. anak mulai banyak dan kebutuhan semakin meningkat..

semua kerjaan yang terlihat sepele di mata laki2 menjadi masalah besaaaaar buat istri. saat tingkat stress meningkat dan lalu anak yg jadi korban

numpahin air aja bisa bikin emak ngamuk seolah2 anak melakukan dosa besaaar…  makan berantakan anak dibentak, berantakin mainan anak di omelin.. ya Allah kasiaaan bangettt yang jadi anaknyaaaa

anak jadi suka cari perhatian kalau di luaran?? iyalah karena dirumah dimarah2in terus..

anak rewel kalau di luar? iyalaah wong kalo di rmh merasa gak disayang…

anak suka ngamuk?? ya iyalah ada yang nyontohin… emak nya suka ngamuk gaaak???

saya ibu dari 4 anak yang lahirnya dekat2an kecuali anak ke 4

saat anak ketiga lahir , anak pertama baru berusia 5thn dan anak kedua 3 tahun.. dan saya mulai usaha

kenapa?? karena gaji suami mulai tidak cukup waktu itu..

usaha saat anak masih kecil2 itu luar biasa….!!! mau ambil pembantu?? uang nya belum cukup…. lagian usaha juga baru mulai…

naah masa masa ini perjuangan berat buat ku… dan aku sudah berjanji pada diri ku sendiri bahwa kebutuhan anak adalah PRIORITAS.

maka yang aku lakukan waktu itu adalah….

mencatatdan mendata pekerjaan apa saja dan waktu yang aku habiskan untuk menyelesaikannya. ribet ya?? iya awalnya ribet tapi setelah “tau trik” nya… maka kita akan sangat menghargai waktu..

langsung aku contohkan yaa… supaya pada bisa langsung praktek

ambil 1 buku tulis kosong lalu garis2 menjadi 4 kolom ( sekarang bisa pakai excel ebih mudah)

kolom 1 tulis judulnya tgl/hari

kolom ke 2 tulis judulnya jam

kolom ke3 tulis judulnya  kegiatan 

kolom ke 4 tulis judulnya selesai jam 

kebayang yang harus dikerjakan??? iya… mencatat semua aktivitas dr bangun tidur sampai tidur lagi

awal2 dulu saya lakukan 1 bulan full , kalau sudah terbiasa gak perlu lagi, tapi kalau kalian mau coba yaa….minimal lakukan 3 hari deh , ternyata nanti kita jadi tau waktu mana yang paling banyak terbuang seharian

 

contohnya gini nih

jam 04.00       bangun tidur

jam 04.05       kekamar mandi                                            5 menit

jam 04.10      sholat subuh                                                   5 menit

jam 04. 15  ke dapur masak sarapan dan bekel              30 menit ( sayuran sdh bersih dr malam )

jam 04.45    nemanin suami sarapan                                15 menit

jam 05.00  beberes rumah sambil masukin cucian        30 menit

jam 05.30    mandiin anak2 dan siapin sarapannya         50 menit

jam 06.20 antar anak2 sekolah                                             1 jam pulang pergi

jam 7.30   ke tukang sayur                                                      30 menit ( jangan lebih )

jam 08.00  sholat dhuha                                                         10 menit

jam 08.10    masak                                                                    2 jam

jam  10.00  online                                                                   1 jam

jam 11.00     jemput anak pulang sekolah                           1 jam pulang pergi

jam 12.00 sholat dan nyuapin anak2 sambil nonton        1 jam

jam 13.00  anak2 diajak tidur siang

naah waktu anak saya masih kecil2 susaaah banget ngajak tidur siang nya.. maka yg saya lakukan adalah anak2 saya bawa ke kamar, nyalakan AC atau kipas angin.. kecilkan lampu dan saya bicara ke anak2.. “mama butuh tidur sebentar yaa.. kalian boleh main hanya di kamar dan tidak berisik  dan kalau mau badan sehat sebaiknya ikutan tiduran sama mama nanti sore kita main ke mesjid”

biasanya aku merem dan intip2 kegiatan mereka, dan tau gak.. saat suasana sepi dan dingin mereka pun akhirnya tertidur dan kita sebagai ibu tidur 1 jam saja sudah cukup

jam 14.30  mereka masih tidur aku bangun dan beberes dan mandi sore

terusssss lakukan sampai waktu nya kita tidur…

 

tips buat ibu2 juga nih… jangan SOK SUPER WOMEN

rumah harus bersih

rumah harus rapi

tapi anak jadi korban omelan bentakan

 

duh please deh… mereka akan membesar dengan sangat cepat dan spt skrg yg aku alami…

rumah rapi dan sepiiiiiiii… jadi jangan rusak hati dan mental anak kita hanya gara pengen rapi dan bersih

 

nah lakukan dan tulis semua aktifitas kita minimal 3 hari… nanti kita akan terbiasa menghargai waktu. sampai skrg pun aku msh melakukannya.. sebelum masuk kamar mandi liat jam. keluar juga liat jam… gak boleh lebih dr 10 menit.

dan saat kita sdh tau brp banyak waktu yg kita habiskan utk 1 aktivitas, kita akan bs menghemat banyak

contohnya, aku akan membersihkan sayuran dan ikan malam saat mau tidur supaya bsk pagi tinggal plang plung…

aku memblender bw merah dan bw putih dlm jumlah besar skalian sehingga saat butuh tinggal colek.

aku hanya menyetrika baju yang penting2 saja lainnya aku lipat rapi saja

aku akan memandikan 3 anak ku sekalian di 3 ember sambil menjemur pakaian dr mesin cuci. jemuran kelar anak selesai mandi

aku stock belanja mingguan selain lebih murah juga menghemat banyak waktu dibanding tiap hari ke tukang sayur

aku tiba di sekolah sesaat sebelum anak2 pulang sehingga tidak ikutan ngobrol lama dengan ibu2 yg nungguin anak nya supaya aku punya waktu lebih banyak

aku tidak ikutan arisan sana sini sampai anak2 besar supaya aku bisa punya waktu utk diriku minimal nyalon walaupun cuma 1 jam creambath doang

aku melayani pembeli waktu itu dengan perjanjian di jam anak2 sekolah atau sore sampai kemudian ada rezeki bisa gaji pembantu sekaligus melayani pembeli

kita yang tau bagaimana men siasati waktu kita

inti nya hadapi semua aktifitas dan rutinitas ini dengan bahagia… karena gaji ibu rumah tangga itu langsung dari Allah… setetes keringat yang menetes saat kita ikhlas melayani keluarga pahalanya sama dengan orang yang berjihad di jalan Allah… masih mau mengeluh?????

 

jadilah ibu rumah tangga yang bahagia agar anak2 ikut bahagia

kita akan menyaksikan anak2 besar tanpa rewel karena mereka nyaman dan belajar berdamai dengan keadaan

aku sangat sering minta vitamin ke anak2..

mama butuh vitamin niih… peluk dong mama capeek banget

itu kata2 yg sangat sering aku ucapkan ke mereka dari mereka kecil sampai sekarang… dan percaya gak.. ada energy dr setiap pelukan mereka

smoga bermanfaat yaaa….

 

 

 

 

You may also like

5 Comments

Leave a Reply